ad-12 Blog

Subscribe to ad-12 Blog feed ad-12 Blog
Because I Can't Become Somebody Else
Updated: 4 days 14 hours ago

ChromeOS Flex Sudah Dirilis

Thu, 08/11/2022 - 11:09

Seperti sudah diberitakan sebelumnya, Google akhirnya resmi merillis sistem operasi terbarunya, ChromeOS Flex pada 14 Juli 2022. Sistem operasi ini tidak lagi hanya bisa didapatkan sepaket dengan pembelian Chromebook namun bisa diunduh dan dipasang sendiri pada perangkat PC/laptop masing-masing. Sebelumnya, ChromeOS Flex dikenal dengan nama CloudReady dan dikembangkan oleh perusahaan Neverware sebelum diakuisisi oleh Google. Tentu saja, selain perubahan nama sistem operasi ini kini didukung secara resmi oleh Google lengkap dengan pembaruannya.

Untuk mencoba sistem operasi ini kita cukup menyiapkan satu USB flash drive kosong berkapasitas minimal 8 GB dan peramban Google Chrome pada PC/laptop. Kita harus menginstalasi ekstensi Chromebook Recovery Utility dari Chrome Web Store dan menjalankannya. Tancapkan USB flash drive pada port di PC/laptop, kemudian ikuti prosedur pada Chromebook Recovery Utility. Pada pilihan device kita cukup memilih opsi Google ChromeOS Flex. Selanjutnya, Chromebook Recovery Utility akan melakukan sisanya.

Setelah siap, Anda tinggal menggunakan USB flash drive tersebut untuk booting dan mencoba fitur-fitur Google ChromeOS Flex tanpa instalasi. Saat dirasa sudah puas dan siap, Anda bisa menginstalaskan ChromeOS Flex ke dalam hard drive/SSD sebagai sistem operasi utama. Selamat mencoba!

And… GSuite Legacy (Free) Is Back

Tue, 05/31/2022 - 12:10

Dan akhirnya kita semua kembali ke permulaan. Setelah melalui berbagai episode mulai peringatan untuk login setiap 6 bulan sekali, peringatan untuk beralih ke layanan berbayar per bulan Mei 2022, yang kemudian diundur ke bulan Juni, kemudian munculnya opsi daftar tunggu bagi yang enggan beralih, dan munculnya paket baru (Google Workspace Essentials) yang gratis dan diduga sebagai pengganti Gsuite Legacy edition. Ternyata, baru-baru ini saat mendekati deadline Juni 2022, muncul maklumat terakhir (semoga) dari Google yang mengizinkan pengguna untuk tetap menggunakan GSuite Legacy Free Edition! alias tanpa perubahan sama sekali. Syaratnya adalah pengguna mengonfirmasikan lewat admin console sebelum tanggal 27 Juni 2022 dengan tiga langkah mudah seperti gambar di bawah ini

Langkah-langkah untuk mempertahankan akun Gsuite Legacy Edition

Tentu saja, mempertahankan akun GSuite Legacy Edition ini memiliki konsekuensi tersendiri. Menurut dokumen support Google, pengguna versi ini tidak mendapatkan dukungan dan di masa datang akan ada fungsi bisnis tertentu yang dihapus. Google juga menekankan penggunaan versi Legacy ini hanya untuk pribadi dan bukan untuk bisnis/komersial, apapun itu artinya.