ad-12 Blog

Subscribe to ad-12 Blog feed ad-12 Blog
Because I Can't Become Somebody Else
Updated: 4 days 21 hours ago

ChromeOS Flex Sudah Dirilis

Thu, 08/11/2022 - 11:09

Seperti sudah diberitakan sebelumnya, Google akhirnya resmi merillis sistem operasi terbarunya, ChromeOS Flex pada 14 Juli 2022. Sistem operasi ini tidak lagi hanya bisa didapatkan sepaket dengan pembelian Chromebook namun bisa diunduh dan dipasang sendiri pada perangkat PC/laptop masing-masing. Sebelumnya, ChromeOS Flex dikenal dengan nama CloudReady dan dikembangkan oleh perusahaan Neverware sebelum diakuisisi oleh Google. Tentu saja, selain perubahan nama sistem operasi ini kini didukung secara resmi oleh Google lengkap dengan pembaruannya.

Untuk mencoba sistem operasi ini kita cukup menyiapkan satu USB flash drive kosong berkapasitas minimal 8 GB dan peramban Google Chrome pada PC/laptop. Kita harus menginstalasi ekstensi Chromebook Recovery Utility dari Chrome Web Store dan menjalankannya. Tancapkan USB flash drive pada port di PC/laptop, kemudian ikuti prosedur pada Chromebook Recovery Utility. Pada pilihan device kita cukup memilih opsi Google ChromeOS Flex. Selanjutnya, Chromebook Recovery Utility akan melakukan sisanya.

Setelah siap, Anda tinggal menggunakan USB flash drive tersebut untuk booting dan mencoba fitur-fitur Google ChromeOS Flex tanpa instalasi. Saat dirasa sudah puas dan siap, Anda bisa menginstalaskan ChromeOS Flex ke dalam hard drive/SSD sebagai sistem operasi utama. Selamat mencoba!